25 Januari 2012

Sesuatu yang mematikan tidak harus selalu menyeramkan

Suatu waktu ada seorang pemuda kurus dan berpenyakitan dangan terbatuk - batuk duduk dipojokan sebuah bar dan tiba - tiba datanglah seseorang dangan badan yang besar lalu berteriak lantang, "MALAM INI SEMUA MINUMAN AKU YANG BAYAR !!! KARENA AKU SEDANG BAHAGIA".
Pernyataan tersebut disambut dengan tepuk tangan dari semua pengunjung bar. Ketika semua orang memesan minuman, hanya pemuda kurus itu yang tidak ikut minum. Dihampirinya pemuda kurus tadi oleh si badan besar, "Hei kau kenapa tidak minum ?". Lalu pemuda kurus itu menjawab, "Aku dilarang untuk minum - minum oleh dokterku,karena aku sedang sakit." Jawab pemuda kurus tadi. Lalu si pemuda berbadan besar tersebut marah dan membentak."KALAU AKU MEMBELIKAN SEMUA ORANG MINUM BERARTI SEMUA ORANG HARUS MINUM. !!!". Lalu dengan kasar, ia mendorong pemuda kurus itu dan melemparnya ke dinding. 
Tapi tak lama kemudian dengan gerakan yang halus dan rapi, tanpa diduga - duga si pemuda kurus itu mengeluarkan "faca" atau pisau lipat dari sakunya dan menyayat leher si badan besar tersebut yang langung tersungkur ke tanah dan meninggal


Berfikirlah sebelum bertindak, karena tidak selamanya kita harus mempertontonkan kekuatan kita.. Ada kalanya kita harus menutupi kemampuan kita untuk menjaga unsur kejutannya. Itulah inti dari Capoeira, rendah hati dan Malandragem (kelicikan).

"sesuatu yang mematikan tidak harus selalu menyeramkan...dan sesuatu yang menyeramkan tidak juga selalu mematikan"
Capoeira itu indah seperti sebuah gunung dikejauhan..tapi tetap mematikan bagi orang - orang yang tidak mengetahui di dalamnya.
Maka biarkanlah mereka menghina dan mencaci kita agar mereka tetap tidak mengetahuinya, agar Capoeira tetap mematikan untuk mereka pada saatnya nanti.

Diceritakan oleh : Pai Teoria

0 Comments:

Posting Komentar